Blogroll

Minggu, 17 November 2013

Pasar Tanjung Jember

Kemrosotan Sang Bunga Tanjung : Kontras

Pasar Tanjung. Kita sudah mengetahui bahwa Pasar Tanjung adalah sebuah pasar yang terletak di pusat Kota Jember dan berdekatan dengan Mall besar Jember yaitu “Matahari”. Pasar ini  berukuran besar dan surga penghasilan bagi masyarakat Jember. Lebih dari 100 pedagang yang setia menempati pasar itu demi melayani kebutuhan masyarakat. Perlu diketahui, bahwa tak hanya bahan sembako yang tersedia bahkan hampir semua barang tersedia. Sangat menguntungkan bagi warga Jember memiliki tempat perbelanjaan seperti Pasar Tanjung. Tetapi, entah mengapa sekarang Pasar Tanjung tak semerbak “Bunga Tanjung”.

Pasar Tanjung sudah banyak mengalami perubahan dari tahun ketahun, dilihat dari segi perekonomian, lingkungan dan cara pemerintah memberikan perhatian kepada Pasar Tanjung. Sungguh memprihatinkan melihat kondisi pasar yang sekarang. Perekonomian yang dulunya seakan jaya sekarang mengalami kemrosotan karena berbagai faktor. Lingkungan sekitar yang dahulu bersih sekarang bagaikan tempat persemaian kotoran. Pemerintah yang dahulu memberikan perhatian sekarang hanya sebagai atasan. Banyak faktor yang berperan dalam setiap perubahan yang ada.


Perekonomian pasar tanjung yang dahulu sempat berjaya sekarang mengalami kemrosotan secara drastis. Banyak yang mengatakan bahwa pasar tanjung kalah saing dengan Matahari Departement Store, tetapi pada kenyataan dilapangan kemrosotan perekonomian Pasar Tanjung bukan disebabkan oleh hal itu. Meskipun pada kenyataannya lokasi Pasar Tanjung dekat dengan Matahari, tetapi harga – harga yang dipasarkan sangat jauh berbeda, malah yang menjadi faktor dari masalah kemrosotan ini adalah kalah bersaing degan ruko – ruko baru yang memasarkan barang dan harga yang sama kepada konsumen. Hal ini menjadikan persaingan dipasar semakin marak. Dahulu para pedagang kualahan dalam menangani konsumen, saat ini para pedagang malah menunggu kedatangan para konsumen.

Lingkungan yang semakin kotor mencerminkan kondisi Pasar Tanjung sudah tak seindah dulu. Dahulu pasar tanjung adalah tempat yang nyaman dan asri bagi para penjual, tetapi tahun telah mengubahnya menjadi lingkungan pasar yang kotor. Sangat disayangkan bahwa keindahan itu telah direnggut dan rasa nyaman tak lagi ada bagi para penjual. Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi penjual dan pembeli. Hilangnya kenyamanan membuat para konsumen berpaling dan para penjual kehilangan konsumen setianya.

Kurangnya perhatian dari pemerintah seakan mencoret kesucian sang Bunga Tanjung. Kondisi Pasar Tanjung yang semakin memburuk  jarang mendapatkan kepedulian dari pemerintah. Pernah terjadi aksi protes dari para pedagang, tetapi oleh pemerintah hanya dijadikan sebagai angin yang berlalu begitu saja. Hingga akhirnya para pedagang lelah untuk melakukan suatu aksi protes.


Pasar Tanjung yang merupakan aset besar Kabupaten Jember kini telah berubah dari beberapa tahun silam. Sangat diperlukan kerjasama untuk mempertahankan kualitas dari pasar tradisional ini. Ada secercah harapan dari para pedagang kepada pemerintahan Kabupaten Jember, bahwa mereka menginginkan perhatian dan pemberdayaan yang layak. Karena pasar tanjung adalah salah satu sumber kehidupan bagi warga Jember. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar